Sekilas Mengenai Sistem Fuel Injection

Pengertian tentang fuel injection adalah Mengubah bahan bakar cair menjadi gas/ kabut berdasarkan tekanan atau kompresi tingi, kemudian gas tersebut disupply ke ruang bakar. Alat ini sering disebut sebagai injector. Berikut gambar injektor pada motor Yamaha.



Kelebihan dan kekurangan antar sistem fuel injection dan karburator



Electronis Control Unit ECU)
Fungi dari ECU sendiri adalah memonitor dan menganalisa informasi dari tiap sensor dan mengirimkan signal/ perintah ke beberapa komponen agar bekerja sesuai dengan kondisi pengendaraan. ECU menyimpan data di dalam ROM. Berikut gambar dari ECU




Pompa Bahan Bakar/ Return Less Fuel Pump

Fungsi :
Mensuplai bahan bakar bertekanan tinggi ke injector
- 250 kpa
- 290 Kpa : tekanan konstan ke injector (+ tekanan negative intake 40 Kpa)

Keuntungan :
- Respon mesin, akselerasi dan kemampuan start sangat baik
- Konsumsi bahan bakar sangat efisien/ irit
- Sesuai dengan standar emisi EU2


Injector Yamaha


Fungsi :
- Mengkabutkan bahan bakar
- Menyemprotkan bahan bakar dengan jumlah dan waktu yang akurat
- Kapasitas : 125cc/min

Keuntungan :
- Atomisasi bahan bakar sangat baik
- Respon mesin, akselerasi dan kemampuan start sangat baik
- Konsumsi bahan bakar efisien/ irit